#digitalkanIndonesia!: Gerakan untuk Anak Bangsa Menghadapi Tantangan Abad ke-21

Siapa yang tak tahu dengan Facebook, Google, dan WhatsApp.

Mereka adalah bisnis berbasis teknologi digital yang telah mengubah dunia.
Facebook mengambil alih di bidang media sosial, Google sebagai mesin pencari yang memiliki keakuratan yang tinggi, begitu pula dengan WhatsApp yang menjadi Instant Message terpopuler saat ini.

Mereka semua tumbuh di Silicon Valley, Amerika Serikat. Mereka mampu mengantarkan founder – founder yang masih muda menjadi daftar orang –orang terkaya di dunia.

Misalnya.

https://www.wired.com/wp-content/uploads/2015/03/467495334.jpg

Mark Zuckerberg founder Facebook di umur yang masih sangat muda 27 tahun telah memiliki kekayaan US$ 17,5 miliar. Itu bukan rupiah, tapi dollar.

Larry Page dan Sergey Brin. Dua orang di balik suksesnya Google pada umur 28 tahun memiliki kekayaan US$ 33.4 miliar. Ya, sekali lagi itu bukan rupiah, tapi dollar.

Kini, WhatsApp yang didirikan oleh Jon Koum juga telah diakusisi oleh Facebook.

Begitulah hebatnya teknologi digital, mampu mengantarkan anak muda kreatif mengubah dunia dan memiliki kekayaan yang belum pernah tertorehkan sebelumnya pada umur yang begitu muda.

Sedikit bukti dampak teknologi informasi dan industri di benua Amerika.

Di daerah Asia, Korea dan Jepang menjadi negara dengan perkembangan yang juga pesat. Dampak yang dirasakan akibat industri kreatif digital ini tak hanya memperluas lapangan pekerjaan, tetapi juga menaikkan pendapatan domestik bruto (PDB) mereka.

….Inilah abad ke-21
Eranya industri kreatif digital

Abad yang lebih mengedepankan konten dan pemikiran konseptual.

Kreativitas berupa ide- ide baru yang tak pernah terpikirkan sebelumnya dan inovasi menjadi senjata utama dalam meningkatkan daya saing guna memimpin pasar.

Kata kuncinya adalah

  1. Kreatifitas
  2. Inovasi
  3. Konten
  4. dan Adu Ide

#1 Korea

Perkembangan industri kreatif di Korea Selatan dinamakan sebagai Korean Wave.

Bermula dari K-POP yang menyebar ke seluruh pelosok dunia melalui media teknologi informasi YouTube dan media sosial lainnya yang menghasilkan artis – artis Korea Selatan, seperti Girls Generation, PSY, Super Junior, hingga Apple Pen Pineapple Pen.

Ekspor K-POP ini menyentuh angka US$177 juta yang mengalami peningkatan 112% dari tahun sebelumnya.

Tak sampai pada industri musik saja. Korean Wave juga mengambil alih di bidang drama, game online, hingga kartun.

#2 Jepang

Selain Korea Selatan, Jepang merupakan negara dengan penetrasi industri kreatif yang juga tinggi.

Hasil dari industri kreatif Jepang mencapai Rp 7.084 trilliun. Selain itu, lapangan pekerjaan juga semakin terbuka, sebagai buktinya industri kreatif ini mampu mempekerjakan 5,9 juta orang.

Inilah keunggulan dari industri kreatif, meningkatkan pendapatan, mengurangi pengangguran, meningkatkan kunjungan wisata asing, hingga naiknya kesejahteraan masyarakat.

#3 Indonesia. Bagaimana dengan negara kita?

Mengutip dari buku Creativity to Commerce(C2C) bahwa sejauh ini industri kreatif Indonesia sudah mulai menampakkan kabar yang cukup menggembirakan.

Pada tahun 2010, industri kreatif mampu menyumbangkan Rp 468 trilliun sekitar 7,29% terhadap pendapatan domestik bruto (PDB) Indonesia.

Dalam hal tenaga kerja telah mampu menyerap 8,6 juta orang (7,9% dari total tenaga kerja nasional).

Lalu, menghasilkan 3,4 juta lapangan usaha.

Dan, potensi pertumbuhan double digit yang di dalamnya termasuk computer services and software (12%), advertising (12%), dan interactive games (14,9%).

Ya. Beginilah kondisi industri kreatif yang layak untuk terus dioptimalkan. Tidak hanya menyejahterakan masyarakat namun juga mampu memberikan nilai lebih pada negara.

Dan, yang tak kalah hebatnya adalah mengurangi pengangguran di Indonesia.

… Lalu, langkah sederhana yang dapat kita ambil adalah memulainya sesegera mungkin. Ambillah bagianmu.

Pemuda! Indonesia Butuh Dirimu dan #digitalkanIndonesia!

https://smartcountry.files.wordpress.com/2017/06/bc3e5-soekarno.jpg?w=1200

 

Pertama, #digitalkanBisnismu

Saat ini sudah banyak bisnis yang melebarkan sayapnya ke dunia digital. Tak lain dan tak bukan karena peluang mendapatkan konsumen lebih besar daripada toko offline.

Dengan adanya toko online, cakupan pembeli tidak hanya pada satu kota saja, tetapi bisa seluruh dunia. Ya, tidak menutup kemungkinan mendapatkan customer yang berada pada benua yang berbeda.

Bagi kamu yang punya produk dan ingin meng-onlinekannya silahkan baca panduan berikut ini tentang cara berjualan online. PANDUANNYA.

Kedua, #digitalkanKeahlianmu

Cara berikut dalam menghadapi tantangan abad ke-21 dengan mengembangkan dan memasarkan keahlianmu di dunia digital.

Ya, kali ini kamu dituntut untuk membangun bisnis dengan modal keahlian yang kamu miliki.

Ketika keahlianmu, seperti desain, menggambar, melukis, menulis, atau membuat komik hanya ada di dunia offline cobalah untuk mengembangkannya di dunia online. Banyak media yang dapat kamu gunakan untuk mengembangkan keahlianmu, misalnya:

·         DevianArt, berkumpulnya orang – orang di bidang desain. Ini bisa membangun reputasimu untuk meningkatkan kualitas dan dipercaya ketika ada order jasa sesuai keahlianmu.

·         Blog, bagi kamu yang keahliannya nulis. Ini potensi yang tidak bisa disia- siakan, menulis di blog bisa membuat kamu mendapatkan penghasilan tambahan hingga jutaan rupiah.

·         Webtoon, bagi kamu yang pandai bikin komik.

·         Jualan jasa di website atau situs freelancer, untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari keahlianmu.

Ketiga, #digitalkanProfesimu

Jika kamu adalah salah seorang dokter atau bergerak di bidang kesehatan salah satu industri kreatif yang bisa kamu coba adalah berkontribusi pada aplikasi diskusi dokter atau membangun website yang berisi informasi kesehatan.

Begitu pula dengan profesi seorang guru. Saat ini tidak sedikit bapak atau ibuk guru yang mulai membangun blog yang isinya adalah materi pembelajaran. Cara ini selain bisa membantu murid, ternyata juga bisa mendatangkan penghasilan tambahan, misalnya menawarkan kepada pengunjung blog buku pembelajaran atau menikmati penghasilan dari adsense.

Bagaimana dengan profesi lain?

Tidak ada bedanya, salah satu cara efektif yang bisa kamu coba adalah dengan membangun website atau blog. Lalu, diisi dengan konten yang berhubungan dengan profesimu.

Keempat, #digitalkanMasalahdanSolusi

Ya, metode inilahayng kerap digunakan oleh founder startupdunia. Mencari masalahdan mengetahui solusi yang tepat, lalu menjadikannya sebuah aplikasi atau situs berbasis website.

Bagi kamu yang udah ngerti programming membangun startup adalah pilihan yang tepat.

Salah satu contoh dari #digitalkanMasalahdanSolusinya adalah youthmanual.com.

Situs ini membahas jurusan kuliah, kehidupan di kampus, dan matriks yang membantu siswa dalam mengenali diri sendiri.

Masalah yang ingin dipecahkan oleh situs ini adalah banyaknya siswa yang sulit dalam mencari jurusan kuliah yang tepat.

Nah, dengan adanya situs ini siswa yang kebingungan bisa mencari pilihan jurusan yang tepat setelah mengisi kuisioner yang diberikan oleh youthmanual pada siswa.

Ada masalah, temukan solusinya.

Karena, masalah adalah suatu anugrah sekaligus peluang yang bisa dijadikan suatu bisnis.

Question and Answer

Q : apa saja yang dibutuhkan dalam membangun website?

A : untuk fondasi dasarnya, kamu membutuhkan yang namanya hosting dan domain yang berkualitas.

Salah satu provider yang saya sarankan untuk kebutuhan website dan hosting kamu nantinya adalah IdCloudHost –web hosting indonesia-.

Berdasarkan pengalaman saya menggunakan IdCloudHost adalah hal yang sangat menarik jika kita memesan hosting dan domain di IdCloudHost, diantaranya:

1.      Lokasi server ada di 4 negara, Indonesia, Singapura, Jepang, dan Amerika.

2.      Support 7 x 24 jam. Kapanpun masalah yang terjadi pada website kamu bisa dikonsultasikan dengan pihak IdCloudHost.

3.      Server UpTime 99%.

4.      Harga yang sangat bersahabat. Dengan Rp 15.000 per bulannya kamu sudah bisa memiliki hosting ditambah dengan domain Rp 125.000 kamu sudah bisa memiliki sebuah website profesional.

Karena dari itu saya memberikan keistimewaan sebagai hosting murah indonesia.

Q : bagaimana caranya membangun website?

A : untuk panduan membangun website saya memiliki sebuah website yang pas sekali untuk belajar dari 0 (nol). PANDUANNYA.

Demikianlah. Mari berhenti sejenak untuk asik menggunakan produk negeri lain. Mulailah membangun produkmu, berkontribusilah untuk Indonesia, dan #digitalkanIndonesia!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s